Selasa, 13 November 2007

mataram sidewalk??

sepertinya dilihat dari segimanapun, perubahan banyak terjadi pada kawasan sepanjang selokan mataram, mulai dari jalan inspeksi selokan yang sekarang menjadi jalan umum yang sekarang mulai berkembang ke arah komersialisasi lahan.

dalam desain ada 3 pembagian, existing(modified), existing(exchanged),design. existing unchanged adalah tanah PLN milik negara yang memang tak bisa dirubah, berbeda dengan existing modified yang meliputi daerah permukiman dengan menata ulang kembali daerah tersebut. design diarahkan pada perubahan arah jalur transportasi, sehingga jalur yang sekarang ada menjadi pedestrian. melihat contoh pada sungai malaka di malaysia, dimana kawasan itu pun terbagi menjadi 3 dalam garis yang sejajar, jalan umum, pedestrian dan sungai.

dari ruang yang dibentuk antara garis jalan umum dan garis pedestrian dibikin sebuah taman sebagai open space. taman hanya berupa "pot besar" dengan beberapa pohon peneduh di tiap pot besar tersebut.

dalam beberapa referensi dikemukakan bahwa urban catalysts harus memenuhi beberapa syarat, good pedestrian, transparency, beginning and ending, mixed activities. apakah desain ini telah memnuhi beberapa hal tersebut untuk menumbuhkan perkembangan di kawasan tersebut, sepertinya masih perlu banyak belajar.


::retroactive manifesto::

Tidak ada komentar:

Profile

Foto saya
Learn about architectural space at Department of Architecture and Planning Gadjah Mada University and now lives with his architecture with all its colors at Kas+Architecture, Kemang, South Jakarta. This is my blog, so i'll show you all about my thought. Enjoy it.